5 Budaya Indonesia Yang Sudah Mendunia

5 Budaya Indonesia Yang Sudah Mendunia

Bene Culture – Indonesia bukan sekedar populer karna pesona alamnya yang menarik. Terkecuali keindahan alam yang memukau, negeri ini mempunyai banyak budaya serta kebiasaan istiadat yang unik serta menarik. Bahkan juga, tiap-tiap suku yang berada di semasing daerah di Nusantara, mempunyai kekhasan budaya yang tidak sama. Hingga, macam budaya serta kebiasaan istiadat itu buat Indonesia makin populer di mata dunia, serta memberi kebanggaan sendiri.

Bahkan juga, seringkali juga wisatawan mancanegara yang datang liburan ke Tanah Air untuk nikmati budaya Indonesia yang unik serta menarik itu. Diluar itu, ada pula yang melihat kebudayaan tradisionil di negeri ini dalam rencana lakukan riset berkaitan budaya serta kebiasaan istiadat itu, terlebih oleh beberapa akademisi dari beberapa perguruan tinggi diluar negeri. Di bawah ini lima salah satunya yang telah populer didunia.

1. Batik

Batik Indonesia, termasuk budaya, tehnik, dan pengembangan motif serta teknologinya, sudah diputuskan jadi Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan serta Nonbendawi oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009. Mulai sejak itu, tiap-tiap tanggal 2 Oktober, Indonesia senantiasa memperingati Hari Batik Nasional. Awalannya, batik pertama kalinya dikenalkan pada dunia oleh bekas Presiden RI, Soeharto, yang saat itu menggunakan batik pada Konferensi PBB. Batik sendiri sesungguhnya bukan sekedar identik jadi kain atau baju dengan memakai motif-motif yang di buat lewat tehnik pewarnaan tradisionil. Namun, batik dalam budaya tradisionil Jawa, lebih berarti jadi tehnik pembuatan motif itu, dengan memakai warna alami “malam” serta alat “canting” pada kain memiliki serat alami. Sampai sekarang ini, batik selalu alami perubahan, baik pada motifnya, ataupun langkah membuatnya.

2. Wayang

Seni pertunjukan asli dari Indonesia yang berkembang di Pulau Jawa serta Bali ini telah di kenal mulai sejak beratus-ratu th. yang kemarin. Prasasti Balitung yang ada mulai sejak era ke-4 menunjukkan mengenai kehadiran wayang ketika itu, dengan catatan “galigi mawayang”. Dalam perubahannya, ada banyak type wayang, seperti wayang kulit, wayang golek, sampai wayang orang, dengan narasi yang makin berkembang juga. Pada tanggal 7 November 2003, UNESCO juga telah mengaku wayang jadi satu diantara seni bertutur budaya Indonesia dalam daftar “Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity”. Sampai sekarang ini, pertunjukan wayang masih tetap dapat kita saksikan. Bahkan juga, sebagian program di stasiun tv swasta juga seringkali menayangkan pertunjukan wayang orang, yang diselingi dengan humor, hingga lebih menarik serta tidak berkesan kuno.

3. Reog

Kesenian ini masih tetap kental dengan beberapa hal yang berbau mistik serta pengetahuan gaib. Dalam pertunjukan tradisionil yang datang dari Ponorogo, Jawa Timur ini, umumnya menghadirkan sosok “warok” serta “gemblak”. Cerita asal-usul reog yang paling popular yaitu saat salah seseorang abdi Kerajaan Majapahit pada era ke-15, bernama Ki Ageng Kutu menyatukan support orang-orang untuk lakukan pemberontakan lewat cara memakai reog.

4. Angklung

Dulunya, angklung dimainkan untuk menyebut Dewi Sri (dewi padi) untuk turun ke bumi, supaya tanaman orang-orang tumbuh subur. Sampai saat ini, alat musik tradisionil dari Jawa Barat itu, masih tetap seringkali dimainkan lewat cara digoyangkan, dalam beragam upacara kebiasaan serta aktivitas nasional. Bahkan juga, angklung juga telah tercatat di UNESCO jadi Karya Agung Warisan Budaya Lisan serta Nonbendawi Manusia, mulai sejak bln. November 2010.

5. Tari Pendet

Tari memiliki nuansa sakral ini saat ini telah berkembang jadi tarian “ucapan selamat datang”, yang dikreasikan oleh salah seseorang seniman Bali bernama I Wayan Rindi. Bila pada jaman dulu tari yang datang dari Pulau Dewata ini dikerjakan dalam acara pemujaan dirumah beribadah umat Hindu, pura, jadi saat ini Tari Pendet telah dapat ditarikan jadi satu persembahan untuk beberapa tamu-tamu dalam acara-cara budaya Indonesia.

Advertisements

One thought on “5 Budaya Indonesia Yang Sudah Mendunia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s